SC Office : Jln.Pampang I, No.23C, Makassar - Sulawesi Selatan. Mobile : 081341640799. FB : Sulawesi Channel. Email : sulawesichannelnews@yahoo.co.id.

Rabu, 27 Januari 2010

Citra Tenun Sultra Go Internasional


ProFiles -
Ketertarikannya pada kain tenunan khas masyarakat Sulawesi Tenggara boleh dibilang tanpa batas. Tak heran, jika Dra Hj Tina Asnawati Nur Alam begitu getol mengangkat citra tenunan khas daerahnya agar setara dengan produk kain yang ada sekarang ini. Dan jalan untuk mewujudkan tekadnya itu pun semakin terbuka lebar, ketika  istri tercinta Nur Alam, gubernur Sultra ini dilantik menjadi Ketua Dekranasda Provinsi Sultra, 18 Februari 2008 lalu.

“ Kalau melihat keadaan di kampung sendiri, orang-orang merasa aneh jika kita memakai tenunan. Malah ada yang menyebut norak, kuno dan kampungan lantaran tenunan khas daerah ini didominasi warna-warna menyala dan penuh benang yang mengkilap. Tununan ini hanya dipakai orang-orang tua saat ke pesta perkawinan atau pesta adat lainnya,” ungkap Ibu Tina kepada Profiles di Kendari, awal Desember 2009.

Mengubah persepsi yang kurang baik ini, diakui Ibu Tina memerlukan proses. Tetapi dia yakin, suatu saat masyarakat Sultra akan bangga memakai tunan khas daerahnya. Dan langkah strategis untuk mengangkat citra tenunan khas Sultra pun dilakukan melalui wadah Dekranasda yang dipimpinnya.

“ Saat melihat berbagai motif tenunan khas Sultra yang sangat beragam, muncul ide saya untuk mulai membuka jaringan. Mulai dari kerja sama dengan Cita Tenun Indonesia (CTI diketuai Okke Hatta Rajasa hingga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak,termasuk para designer yang konsen pada busana bernuansa etnik,” tuturnya.

Selengkapnya baca ProFiles Edisi Januari 2010. (nining)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini adalah bagian dari upaya transformasi informasi