SC Office : Jln.Pampang I, No.23C, Makassar - Sulawesi Selatan. Mobile : 081341640799. FB : Sulawesi Channel. Email : sulawesichannelnews@yahoo.co.id.

Minggu, 10 Januari 2010

Indahnya Laut Sagori



Pesona objek wisata di kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara, tidak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia. Salah satu objek wisata itu adalah Pulau Sagori. Pasir putih di tempat ini begitu memesona. Deburan ombak, serta kekayaan laut yang dimilikinya menjadi surga bagi wisatawan yang datang ke tempat itu. Karena itu sangat beralasan jika Bupati Bombana sangat optimistis, Pulau Sagori nantinya akan banyak dikunjungi wisatawan dunia.
   
Kawasan Wisata Bahari Sagori ini terletak di  bagian timur kota Bombana. Untuk ketempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kapal superjet, tetapi jika berangkat dari Sikeli, Kecematan Kabaena Barat, hanya di tempuh kurang lebih 20 menit saja.

Eloknya hamparan pasir putih Pulau Sagori serta indahnya terumbu karang dan beragamnya biota laut tentu menjadi incaran para penggemar diving. Karena itu pula, Pemerintah Kabupaten Bombana gencar mempromosikan potensi wisata ini ke luar daerah.

 “Pemkab Bombana tidak pernah berhenti mempromosikan Sagori ke luar daerah. Tujuannya agar wisatawan datang ke kawasan ini. Kami memang berharap, tidak hanya wisatawan local yang datang, tetapi juga wisatawan asing,” tutur Bupati Bombana, Dr H Atikurahman MS.

Diakui Atikurahman, pihaknya masih terus berupaya membuat objek Wisata Sagori lebih menarik dengan melibatkan masyarakat setempat. Dan terbukti, masyarakat setempat secara swadaya ikut menata kawasan ini dengan menanam pohon pelindung, dengan harapan setiap pengunjung lebih betah menikmati indahnya pulau ini.

Meski sarana dan prasarana wisata  di Sagori tidak selengkap objek wisata lain di Indonesia, namun pulau yang memesona ini memiliki magnet yang membuat pengunjung merasa nyaman untuk tinggal berlama-lama. Panorama laut serta masakan khas yang lezat yang disuguhkan di tempat ini begitu terasa nikmat.

 “Kami memang tengah perupaya untuk memberi layanan terbaik kepada setiap wisatawan yang datang. Di tempat ini banyak sekali makanan yang lezat, bahkan ada kuliner tradisional, seperti dampo, gula kelapa dan lainnya yang bisa dibawa pulang,” papar Atikurahman.

Selain memiliki pesona alam yang begitu indah, Pulau Sagori ternyata memiliki cerita lain. Pulau ini pernah dijadikan sebagai persinggahan armada Belanda yang dipimpin Peter Bot, ketika menyerang Sultan Buton di masa lalu. Sebagai bukti, di pulau ini ditemukan tiga bangkai kapal milik VOC yang bisa dilihat dan diamati,” tutur Atikurahman.

Menyikapi potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Bombana, Atikurahman sangat berharap ada investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya di pulau ini.

 “Pemerintah Bombana tetap berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan investasi di sektor pariwisata. Karena kemajuan suatu daerah sangat terkait dengan pariwisatanya. Artinya daerah itu dikenal dan terkenal di dunia lantaran memiliki objek wisata yang menarik,” terangnya. Nining.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini adalah bagian dari upaya transformasi informasi