SC Office : Jln.Pampang I, No.23C, Makassar - Sulawesi Selatan. Mobile : 081341640799. FB : Sulawesi Channel. Email : sulawesichannelnews@yahoo.co.id.

Minggu, 10 Januari 2010

Pabrik Kertas Berbahan Baku dari Jagung


Direktur PT Panua Lestari Pahuwato, Dahlan Usman SE mengungkapkan, sejak diminta menangani BUMND Gorontalo, pihaknya langsung mendesaign system manajemen yang akan dikembangkannya ke depan.

“Prioritas kami memang langsug pada pengembangan agribisnis, selain karena alasan rencana strategi pembangunan jangka pajang da menengah propinsi Gorontalo, juga karena potensi propinsi yang strategis di dalam pengembangan agribisnis,” ungkapya.

Hal itu terjadi, karena selain karena tofografinya, juga system jalur perdagangan trans daratnya yang berbatasan dengan Sulawesi Tenggah ataupun dari arah Sulawesi Utara.

Selain dukungan  trans darat, juga support prasarana lautnya, seperti pelabuhan yang langsung menguhubungkan selat Makassar di sebelah barat, maupun akses Asia seperti China dan Philipina dengan Selat Banda atau Laut Sulawesi di sebelah timur.

Dahlan juga mengungkapkan, selain kemampuan ekspor jagung secara permanen ke sejumlah negara di Asia, disamping pemenuhan stok jagung nasional, kini tengah dikembangkan teknologi pemanfaatan pasca limbah jagug.

“Limbah-limbah jagung hasil sortiran untuk bahan baku ekspor akhirnya tidak dibuang percuma seperti yang dulu,jadi limbah tersebut akan diolah untuk bahan baku kertas,” ungkap Dahlan.
Dengan hadirnya pabrik kertas tersebut, maka semakin menambah devisa Propinsi Gorontalo dan secara nasional semakin membantu pengadaan kebutuhan kertas dalam negeri.

Diakui Dahlan, teknologi pembangunan pabrik kertas berbahan baku limbah jagung masih tergolong baru di Indonesia, karena selama ini bahan baku kertas biasanya menggunakan serbuk kayu dari hutan alam tropis Indonesia.

“Jadi kehadiran teknologi ini sangat membantu industri kertas Indonesia,” kunci Dahlan. (s.darampa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini adalah bagian dari upaya transformasi informasi