SC Office : Jln.Pampang I, No.23C, Makassar - Sulawesi Selatan. Mobile : 081341640799. FB : Sulawesi Channel. Email : sulawesichannelnews@yahoo.co.id.

Kamis, 14 Januari 2010

Tradisi Ekstrim Suku Naulu


RITUAL masyarakat adat di tanah Maluku banyak yang menarik  untuk disimak. Selain unik karena sukar ditemukan di daerah lain, prosesi ritual adat itu masih terus dilestarikan generasi masyarakat  adat  hingga datangnya jaman yang serba modern ini.
  Dari sekian banyak tradisi masyarakat adat di Maluku, ternyata ada tradisi masyarakat adat yang terbilang paling enah dan  menggerihkan. Saking ngerihnya akhirnya dilarang, lantaran berlawanan dengan hukum.
   ProFiles mengangkat dua tradisi yang dilakoni masyarakat suku Naulu di Pulau Seram, Provinsi Maluku. Suku terasing di pedalaman Pulau Seram ini memiliki  tradisi yang unik. Yang satunya terpaksa dilarang karena terbilang cukup sadis, satunya lagi masih terus terjaga. Dua tradisi itu adalah tradisi memanggal  kepala manusia untuk persembahan kepada  rumah adat dan tradisi pengasingan  perempuan hamil dan gadis yang memasuki datang bulan di gubuk kecil. 
Persembahan Kepala Manusia
Tradisi memanggal kepala manusia Suku Naulu sudah tidak ditemukan lagi, setelah dilarang pasca kejadian pembunuhan bermotif persembahan kepada rumah adat suku tersebut bulan Juli tahun 2005 silam. Sedangkan tradisi pengasingan perempuan hamil, hingga kini masih terus dilakukan.

Simak lebih lengkap beritanya di Majalah ProFiles,... (syarafudin pattisahusiwa/ ProFiles)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini adalah bagian dari upaya transformasi informasi